animasi

सोमवार

ARL. anak rantau lampung

Kawan, kalau kamu membaca kisah-kisah orang sukses, atau kalau kamu temukan orang-orang sukses di kota kamu, banyak di antara mereka adalah seorang perantau.

Mereka merantau dari kampung halaman atau dari kota asalnya dan bisa meraih sukses di kota tempat tinggalnya saat ini.

Banyak di antara mereka yang sukses menjadi pengusaha, atau memegang jabatan penting di sebuah perusahaan besar. Banyak juga artis-artis yang sukses ternyata meraka kebanyakan perantau. Begitu pula dengan profesi-profesi sukses lainnya.

Sebagai contoh mungkin kita sering melihat orang Padang yang sukses membangun restaurant di kota tempat tinggal kamu, padahal itu jauh dari Padang di Sumatra Barat. Atau kamu juga pasti sering melihat orang China yang sukses di setiap daerah. Mereka adalah perantau-perantau yang meraih kesuksesannya.

Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa banyak perantau yang sukses? Mungkin berikut jawabnnya
:

1. KLUAR DARI ZONA

Salah satu ciri orang sukses adalah berani keluar dari zona nyaman. Jika kita terbiasa berada di zona nyaman maka hidup kita tidak akan berubah. Ibarat ulat jika ingin menjadi kupu-kupu harus melewati fase yang namanya kepompong. Di dalam kepompong itulah si ulat merasakan ketidaknyamanan hingga akhirnya bisa keluar dan berubah menjadi kupu-kupu.

Perantau memutuskan pergi dari desa atau kota tempat asalnya untuk mengubah nasib, untuk mencari peruntungan baru. Padahal jika mereka memilih zona nyaman, mereka bisa santai-santai di tempat asal mereka. Di sana mereka sudah terbiasa.

Tapi perantau memilih untuk mengambil risiko. Ia memilih untuk mengejar kehidupan yang lebih baik walaupun mereka tidak tahu hasilnya akan seperti apa. Bahkan ia datang sebagai orang asing yang tidak mengerti tentang daerah tempat tinggalnya yang baru.

Bukan tidak mungkin di tempat yang baru tanpa orang yang dikenal justru bisa berbahaya. Bisa saja ia tertipu, atau justru menjadi korban tindak kejahatan. Tapi mereka tetap berani untuk merantau. Dan keberanian itulah yang menjadi awal perjalanan sukses mereka.


Bukan maksud kami menyebutkan nama sebuah Bank. Tapi perantau memang telah terbiasa hidup mandiri.

Jika di tempat asalnya mereka memiliki keluarga, tetangga, dan juga teman yang mereka kenal. Yang kapan pun bisa meminta bantuan atau dibantu. Tapi setelah merantau, perantau harus berusaha hidup mandiri. Mengerjakan semuanya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Justru itu yang membuatnya terbiasa menyelesaikan masalah dan sepenuhnya bertanggung jawab atas hidup dan masa depannya. Jika ia tetap tinggal di tempat tinggal lamanya mungkin ia terbiasa dibantu orang lain untuk menyelesaikan masalahnya.

Kemandirian itulah yang membuatnya terlatih untuk mengambil setiap keputusan dalam hidupnya. Itulah salah satu faktor yang membuatnya bisa sukses. Karena seorang yang sukses harus bisa dan berani mengambil keputusan yang tepat, walaupun itu berisiko.

Slam satu siger


Tags: ,

0 Responses to “ ”

एक टिप्पणी भेजें

Nama .
Asal.
Tinggal

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 ARL anak rantau lampung. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks